Jumat, 16 November 2012

15 mitos olahraga

4.CARA TERBAIK UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI ATAU PRESTASI ATLETIK ANDA ADALAH DENGAN GIAT BERLATIH SETIAP HARI

Setiap kali anda berolahraga dengan giat, serabut-serabut otot anda membakar habis bahan bakarnya, Anda harus memberikan kesempatan kepada otot-otot anda membakar habis bahan bakarnya. Anda harus memulihkan diri. Jika tidak, maka anda akan lebih mudah menderita cedera.

Tak ada atlet besar yang berlatih sekeras-kerasnya setiap hari. Anda pun tidak boleh. Ketika mempersiapkan diri menghadapi suatu pertandingan, para pemain sepakbola profesioanal hanya berlatih keras sehari dalam seminggu. Frank Shorter, bekas juara maraton Olimpiade, mempunyai sehari-hari  dimana ia berlari lebih lambat daripada beberapa pelari sekolah menengah, bila bermain tiga kali seminggu, Philadelphia Flyers, salah satu tim hockey profesional terkemuka, sering memerlukan hari-hari santai diantara pertandingan-pertandingan.

5. JIKA ANDA TELAH MENCAPAI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI YANG TINGGI, ANDA AKAN TETAP FIT WALAUPUN BERHENTI BERLATIH.

Tidak masuk akal!
 Meskipun anda seorang pelari yang dapat menempuh sepuluh mil dengan mudah, atau seorang pemain tenis yang dapat memainkan tiga set pertandingan yang keras, anda tidak akan dapat melakukan beban latihan yang sama setelah berhenti berlatih selama beberapa minggu saja.

ini disebut reversibilitas, dan menggambarkan fakta bahwa otot-otot anda - termasuk otot-otot jantung anda cepat kehilangan kemampuan mereka untuk menggunakan oksigen secara efisien jika mereka tidak mendapat beban secara terus menerus. Sebagai akibatnya, mereka tidak mempunyai kapasitas kerja yang sama setelah berhenti berlatih untuk sementara waktu saja. Dalam suatu pertandinga Superstar baru-baru ini, O.J. Simpson, yang biasanya mempunyai daya tahan yang mengagumkan, tidak dapat menyelesaikan lari sejauh setengah mil karena pada saat itu ia sedang mengadakan peserta keliling dan tidak melanjutkan latihannya.

6. ANDA TIDAK PERLU MELAKUKAN LATIHAN-LATIHAN MEREGANGKAN OTOT JIKA ANDA FIT

Latihan yang keras memperpendek otot-otot dan membuat mereka menjadi lebih mudah terkilir atau cedera, Oleh karena itu, bila secara fisik anda makin aktif, maka anda makin perlu meregangkan otot-otot anda.meskipun Boston Celtics berlatih setiap hari, mereka tidak bertanding atau bergerak dengan cepat, latihan sepakbola yang keras selama 45 menit atau lebih, jarang dilakukan. Pada musim pertandingan, para pemainnya santai dan membatasi pemakaian kaki mereka.

Bila tidak ada salju di atas permukaan tanah, Tim Caldwell,juara ski lintas alam yang terkenal, berlatih 20 jam seminggu untuk mempertahankan kondisi tubuhnya. ia naik sepeda sejauh 300 mil, berlari-lari kecil 15 mil, dan main sepatu roda 50 sampai 70 mil seminggu. Pada hari-hari libur ia berlatih angkat beban selama 45 menit sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar