Minggu, 18 November 2012

15 MITOS OLAHRAGA

7. OLAHRAGA DAPAT MEMBAHAYAKAN ANDA KARENA DAPAT MEMPERBESAR JANTUNG

Dr. Paul Dudley White, ahli penyakit jantung dari Boston yang terkenal mengatakan : " Latihan fisik tidak akan merugikan jantung yang sehat".
      Latihan fisik memberikan beban jantung sedang pada jantung anda, sehingga menyebabkan jantung anda menjadi lebih kuat, lebih besar, dan lebih berotot. Otot jantung tidak akan  berubah menjadi lunak, meskipun orang tersebut berhenti berolahraga.
      Serangan jantung  disebabkan oleh gangguan dalam suplai darah ke jantung. Pada orang yang keadaan otot-ototnya sangat baik, sehingga tidak mudah mengalami penyumbatan. Ini memberikan jaminan yang hampir pasti mengenai kekebalan oran tersebut terhadap serangan jantung.
       Clarence DeMar, pelari marathon terkenal yang memenangkan Bosthon Marathon tujuh kali, berlari sejauh hampir seratus mil seminggu selama lebh dari lima puluh tahun. Jika Olahraga yang terlalu banyak dapat membahayakan jantung, tentunya ia telah mengganggu jantung DeMar. Tetapi keadaan jantungnya pada umur tujuh puluh tahun lebih baik daripada keadaan jantung kebanyakan orang yang berumur tiga puluh tahun. DeMar hampir tak mungkin menderita suatu serangan jantung.


8. SUATU ELETROKARDIAGRAM YANG NORMAL BERARTI BAHWA JANTUNG ANDA SEHAT DAN ANDA DAAT MELAKUKAN LATIHAN YANG KERAS DAN AMAN.

Tidak demikian halnya suatu elektrokardiogram yang normal pada waktu beristirahat haya mempunyai arti sedikit sekali. Dalam kepustakaan medis ada laporan-laporan mengenai orang yang meninggal karena serangan jantung segera setelah pemeriksaan elektrokardiografi yang memberikan hasil normal.
         Suatu eletrokardiogram dengan pembebanan, yang dibuat ketika anda sedang berlatih, lain lagi artinya. Jika eletrokardiogram dengan pembebanan and normal, sangatlah baik tak mungkin bagi anda normal, sangatlah tak mungkin bagi anda untuk menderita serangan jantung yang biasa ketika anda berolahraga.

9. SUPLEMEN VITAMIN MENINGKATKAN KESEGARAN JASMANI DAN PRESTASI.

Tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung kepercayaan ini. Orang Amerika rata-rata makan sedemikian baiknya sehingga dietnya memberikan semua vitamin yang mungkin diperlukan.
       Saya menelan vitamin dosis besar dan pada suatu saat merasa yakin bahwa saya  tidak dapat berolahraga tanpa mereka. Akhirnya saya menyadari bahwa menelan vitamin dosis berlebih adalah tidak perlu, dan dapat membuat anda menjadi ketagihan secara fisik dan psikologis,
     Hampir setiap tim profesional memberikan suplemen vitamin kepada para pemainnya. Mengapa? Don Seeger pelatih Philadelphia Phillies menjelaskan : " Saya tahu bahwa suplemen tidak membantu, tetapi bila seorang atlet yang mendapat bayaran seratus ribu doar setahun memintanya, anda tidak dapat menolaknya".
     Frank Shorter, bekas juara marathon Olimpiade memberikan penjelasan lebih lanjut : " Saya tahu bahwa vitamin tidak membantu.Tetapi setelah berlari seratus empat puluh mil seminggu, saya tidak suka memikirkan kemungkinan bahwa atlet lain mungkin
 menarik keuntungan atas diri saya hanya karena saya menghamburkan uang mereka untuk vitamin tambahan. Tidak hanya karena mereka biasanya tidak diperlukan. tetapi juga karena dalam dosis berlebih mereka dapat membahayakan.

10.SUNTIKAN VITAMIN B 12 MENYEMBUHKAN KELELAHAN KHRONIS

Sebenarnya suntikan vitamin B 12 hanya dapat mengaktifkan vegetarian murni yang berhenti makan makanan hewani selama paling sedikit sepuluh tahun, atau penderita anemia pernisiosa- suatu penyakit yang jarang terjadi, dimana vitamin ini tidak diserap oleh makanan.
      Beberapa tim Liga Hockey Nasional memberikan suntikan vitamin B12 kepada para pemain mereka setelah setiap peratndingan, dan Muhammad Ali mendapat suntika vitamin B12 dua hari sebelum suatu pertandingan besar. Suntikan seperti itu tidak mempunyai manfaat medis. Satu-satunya manfaat adalah dari segi psikologis.
     Kelelahan kronis pada atlet lebih sering disebabkan oleh kekurangan kalium. Obatnya adalah : makan buah-buahan dan sayur-mayur dalam jumlah besar.

11. ATLET MEMERLUKAN LEBIH BANYAK PROTEIN DALAM DIET MEREKA

Otot terdiri dari protein, tetapi penelitian ilmiah dengan jelas memperlihatkan bahwa kebutuhan protein  meningkat secara menyolok dengan berolahraga. Latihan berat menghabiskan gula yang berada dalam otot (=glikogen), bukan protein.
     Greg Weiss bekas pesenan Olimpiade, yakin bahwa  diet tinggi protein membantu memperbaiki kerusakan jaringan setelah suatu latihan berat. " Saya biasa membuat suatu bubuk" katanya. " ia akan  mempersingkat waktu pemulihan diri saya suatu hari.
     Sebenarnya apa yang terjadi?Weiss mendapat manfaat dari adanya mineral di dalam minuman tersebut. Protein tambahan tersebut berakhir di dalam air seninya.

12. BISTIK DAN KENTANG MERUPAKAN MAKANAN TERBAIK SEBELUM BERTANDING ATAU SEBELUM BERLATIH.

Bistik termasuk golongan sumber enersi yang buruk untuk segera dimanfaatkan. Lagi pula, lemak di dalam  bistik relatif lambat dicerba dan. jika dinakan dalam waktu terlau dekat pertandingan, sebenarnya dapat mengurangi  prestasi.
     Sumber eners  terbaik untuk para atlet adalah karbohidrat yang terdapat didalam kentang, kue dan roti. Meskipun demikian, hampir semua pemain sepakbola dan hockey yang kami wawancarai mengatakan bahwa mereka mendapat bistik sebelum bertanding.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar